0

Saat ini codeigniter dikembangkan oleh komunitas dan disebarluaskan keseluruh dunia dengan lisensi bebas. Codeigniter tergolong framework dengan ukuran kecil dan cukup mudah dipahami dan dikuasai.
Kelebihan dalam membuat website dengan menggunakan framework Codeigniter , diantaranya :

1. Open Source
Codeigniter merupakan framework gratis untuk digunakan dan dapat dikembangkan secara legal. Codeigniter berlisensi Apache/BSD-style opensource sehingga dapat dikembangkan dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

2. Multiplatform 
Codeigniter sangat ringan ketika dijalankan pada berbagai platform. Pada bagian sistem utama, Codeigniter hanya memerlukan kapasitas yang sedikit untuk server dalam membentuk class library.

3. Efisiensi waktu 
Dengan adanya struktur dan library yang telah disediakan oleh framework, programmmer dapat fokus pada proses pengembangan sistem yang akan dibangun.

4. Menggunakan metode MVC 
Metode MVC adalah metode dengan cara Mode, View, Controller. Model framework ini dapat mempermudah membedakan antara tampilan dan program.

5. User friendly
Codeigniter sangat mudah digunakan oleh berbagai kalangan user atau programmer, hal ini dikarenakan bentuk dan tampilan yang sudah dirancangn secara terstruktur.

6. URL yang user friendly
Ketika URL dipanggil maka akan langsung membentuk sebuah alamat http://namasitus.com/blog/contoh/alamat-blog. Hal ini dikarenakan Codeigniter telah dirancang dengan rapi.

7. Framework yang lengkap
Codeigniter telah dikemas secara lengkap karena didalamnya terdapat kumpulan class yang ada didalam library yang tersedia sehingga sangat menunjang dalam pembuatan website, database, validasi form data, pembuatan session, penggunaan XML-RPC, dan lain-lain.

8. User guide
Codeigniter dilengkapi dengan dokumentasi yang cukup baik dan lengkap, sehingga dapat membantu para programmmer mempelajarinya.

9. Reuse of code
Dengan menggunakan framework maka program yang dibuat akan memiliki struktur yang baku, sehingga dapat digunakan kembali pada proyek-proyek lain.

10. Komunitas
Saat ini komuitas Codeigniter sudah mulai berkembang sehingga dapat dijadikan acuan dalam mencari ilmu dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi, selain itu dapat untuk meningkatkan pengetahuan akan kemampuan pemograman dengan menggunakan framework Codeigniter.

11. Kumpulan best practice
Sebuah framework merupakan kumpulan best practice yang sudah teruji. Jadi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas program atau sistem yang dibangun.

12. Berjalan di PHP versi 4 dan 5

Sumber : Ardhana, YM Kusuma.Pemograman PHP Codeigniter.Jasakom.2013.

Post a Comment Blogger

 
Top